PROGRAM PSK GURU

Oleh: Andik Bambang, S.PdI

 

  1. 2014-01-10_171703A.      Pendahuluan

Guru merupakan ujung tombah perubahan khususnya di dunia pendidikan, yan g seharusnya dipersiapakan dengan sebaik-baiknya untuk ketercapaian program pendidikan di tanah air kita tercinta ini, guru harus memiliki kinirja yang baik di sertai perencanaan yang bermutu agar tercapai “Guru Profesional Berprestasi”.

Maka Saya mencoba membuat suatu program sederhana dengan menggunkan Aplikasi program MS. Excel yang sudah pamilier dikalangan para guru untuk memudahkan pengisian target Sasaran Prohram Kerja Guru dalam meningkatkan prestasinya di tahun ini.

Diharapkan pula para guru memiliki acuan atau kontrak kerja yang baik yang nantinya bisa di ukur dan bisa dipertanggung jawabkan baik di dunia mau akhirat.

Semoga program sederhana ini bisa di gunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan pendidikan kita dimasa-masa yang akan datang. Amin –amin ya Rabbal alamin

  1. B.      Pengertian PSK Guru

PSK Guru adalah Program Sasaran Kerja Guru. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya menetapkan bahwa : Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi birokrasi tentang jabatan fungsional guru dan angka Kreditnya.

  1. C.      Isi Peraturan

Sebagai berikut:

  1. Jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.
  2. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  3. Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan Guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik.
  4. Kegiatan bimbingan adalah kegiatan Guru dalam menyusun rencana bimbingan, melaksanakan bimbingan, mengevaluasi proses dan hasil bimbingan, serta melakukan perbaikan tindak lanjut bimbingan dengan memanfaatkan hasil evaluasi.
  5. Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi Guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.
  6. Tim penilai Jabatan Fungsional Guru adalah tim yang dibentuk dan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit dan bertugas menilai prestasi kerja Guru.
  7. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
  8. Penilaian kinerja Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
  9. Daerah Khusus adalah daerah yang terpencil atau terbelakang, daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, daerah perbatasan dengan negara lain, daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain.
  10.  Program induksi adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pembimbingan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Guru.
  1. D.      Tujuan Program PSKG ini.

Tujuan di buatnya program ini antara lain:

  1. Guru Indonesia memiliki target perencanaan kontrak Program Sasaran Kerja Guru yang baik.
  2. Memudahkan para guru untuk mengisi lembar Format PSKG dengan benar dan tepat.
  3. Guru memiliki target perencanaan dalam 1 tahun kedepan
  4. Guru punya acuan yang jelas dalam bekerja sesuai kontrak PSKGnya masing-masing
  5. Guru dapat di evaluasi berdasarkan kontrak yang dibuatnya sendiri, untuk bahan evaluasi Prestasi Kerja Guru (PKG)
  1. E.       Penutup

Al-hamdulillah program ini dapat kami publikasikan, agar digunakan sesuai kebutuhan, dan jangan di salahgunakan. Semoga bermanfaat untuk kita bersama. Amin.

Kami mohon doa restunya dan jika ada kesalahan dalam program ini, kami mohon mafaat. Saran yang membangun bisa diberikan kepada kami. Salam pendidikan

Malang, 11 2014
Pembuat,
ttd
Andik Bambang, S.PdI
NIP. 197810012009011009

Program ini bisa anda ambil di link ini :

Link download : https://www.facebook.com/groups/575731349181469/